Rabu, 27 Oktober 2010

Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak

| Rabu, 27 Oktober 2010 |0 komentar

Ingin Langganan Artikel Menarik?
Kirim artikel ini dan dapatkan artikel-artikel menarik terbaru.

Home » Site Map » Category [ | ] » Disini
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Terbaik
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Lengkap
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Pilihan
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Rinci
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Urutan Lengkap
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Lengkap Gambar

Pengertian dan Penjelasan Minyak serta lemak, Minyak adalah istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut/bercampur dalam air. Minyak tumbuhan dan hewan semuanya merupakan lipid. Dari sudut pandang kimia, minyak kelompok ini sama saja dengan lemak. Minyak dibedakan dari lemak berdasarkan sifat fisiknya, pada suhu ruang minyak berwujud cair sedangkan lemak berwujud padat. Jika dilihat dari asalnya terdapat dua golongan besar minyak yaitu minyak yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan (minyak nabati) dan minyak yang dihasilkan oleh hewan.

Lemak atau minyak secara kimiawi adalah trigliserida yang merupakan bagian terbesar dari kelompok lipida. Trigliserida ini merupakan senyawa hasil kondensasi satu molekul gliserol dengan tiga molekul asam lemak. Secara umum, lemak diartikan sebagai trigliserida yang dalam kondisi suhu ruang berada dalam keadaan padat. Sedangkan minyak adalah trigliserida yang dalam suhu ruang berbentuk cair.
Lipida yang paling sederhana banyak mengandung asam lemak sebagai unit penyusun adalah triasil gliserol, juga seringkali dinamakan lemak, lemak netral, atau trigliserida. Triasil gliserol adalah ester dari alkohol gliserol dengan tiga molekul asam lemak. Triasil gliserol adalah komponen umum dari lemak penyimpan atau derivate lemak pada sel tumbuhan dan hewan, tetapi umumnya hidrofobik non polar, karena molekul ini tidak mengandung muatan listrik atau gugus fungsional yang potensialnya tinggi.
Dengan proses hidrolisis lemak akan terurai menjadi asam lemak dan gliserol. Proses ini dapat berjalan dengan menggunakan asam, basa atau enzim tertentu. Proses hidrolisis yang menggunakan basa akan menghasilkan gliserol dan garam asam lemak atau sabun. Oleh karena itu proses hidrolisis yang menggunakan basa disebut proses penyabunan. Jumlah mol basa yang digunakan dalam proses penyabunan ini tergantung pada jumlah mol asam lemak. Untuk lemak dengan berat tertentu, jumlah mol asam lemak bergantung dari panjang rantai karbon pada asam lemak tersebut.
Pada umumnya lemak apabila dibiarkan lama di udara akan menimbulkan rasa dan bau yang tidak enak. Hal ini disebabkan oleh proses hidrolisis yang menghasilkan asam lemak bebas. Di samping itu dapat pula terjadi proses oksidasi terhadap asam lemak tidak jenuh yang hasilnya akan menambah bau dan rasa yang tidak enak. Oksidasi asam lemak tidak jenuh akan menghasilkan peroksida dan selanjutnya akan terbentuk aldehida. Inilah yang menyebabkan terjadinya bau dan rasa yang tidak enak atau tengik. Kelembaban udara, cahaya, suhu tinggi, dan adanya bakteri perusak adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ketengikan lemak.

Sumber : Zendry Online

Keyword :
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Terbaik

Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Lengkap
Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Pilihan

Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Rinci

Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Urutan Lengkap

Pelajaran IPA Pengertian dan Penjelasan tentang Minyak serta Lemak Lengkap Gambar

Protected By : DMCA.com MyFreeCopyright.com Registered & Protected
UU Nomor 19 Tahun 2002 [ UU Hak Cipta ]

Anda tertarik dengan artikel ini? Bila Anda ingin me-Copy artikel ini,
Silahkan besertakan sumber dengan menaruh alamat berikut ke dalam artikel :


Loading...
Lihat semua Artikel disini | Site Map | Submit artikel ini ke LintasBerita.com
Yang mungkin Anda cari :

Poskan Komentar | Kembali Ke Artikel | Kembali Ke Atas ↑

Baca dulu!!!
[ Blog NoFollow ] Anda bisa bebas berkomentar, entah itu komentar baik atau jelek. Karena kotak komentar ini tidak saya pasang moderasi, jadi jika Anda berkomentar, saya tidak membaca komentar Anda, dan komentar Anda langsung muncul tanpa sepengatahuan saya.
[ Maaf saya tidak membaca komentar Anda ] Selamat berkomentar ria :

0 komentar :


Update Artikel di Akun Anda

Fans Page (New Widget)

Penayangan Halaman

Versi web | Lihat versi ponsel
© Copyright 2011 - CentralArtikel.com | Design By Lutfi Setiyawan | Official published in 20 Mei 2010 | Best view in Google Chrome